Pengertian dan Sejarah Berdirinya Stadion

Pengertian dan Sejarah Berdirinya Stadion - Pernah ga ditanya sama orang, apa itu stadion? mungkin sebagian besar orang jarang bertanya seperti itu, tapi tidak menutup kemungkinan itu ada yang bertanya seperti itu, entah itu guru olahraga kamu, anak kecil atau pacar kamu hehe..

Nama stadion cukup populer di masyarakat indonesia karena olahraga sepakbola itu paling populer dinegara ini, nah nah nah ... kenapa jadi bahas Sepakbola? daripada penasaran simak saja penjelasannya berikut ini.

Pengertian dan Sejarah Berdirinya Stadion

stadion santiago bernabeu terbaru, santiago bernabeu pemain, santiago bernabeu yeste, sejarah santiago bernabeu, stadion santiago bernabéu acara mendatang, santiago bernabeu vs camp nou, santiago bernabeu stadium hd wallpaper, stadion santiago bernabeu 2017, stadion real madrid, stadion
Stadion Santiago Bernabeu | Stadion Modern Home Real Madrid FC

Apa Itu Pengertian Stadion ?

Secara umum Stadion adalah tempat untuk berolahraga, konser, atau acara lainnya yang sebagian besar terdiri dari lapangan atau panggung yang sebagian atau seluruhnya dikelilingi oleh struktur berjenjang yang dirancang untuk memungkinkan penonton berdiri atau duduk dan melihat acara (Pertandingan/Pertunjukan/Acara lainnya).

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia Pengertian stadion adalah :
Stadion baca:/sta·di·on/ adalah lapangan olahraga yang dikelilingi tempat duduk
Manurut Ensiklopedi Wikipedia.org
Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga, di mana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton.
Pausanias atau seorang pakar geografi Yunani dari abad ke-2 SM itu telah mencatat bahwa selama sekitar setengah abad satu-satunya peristiwa di festival Olimpiade Yunani kuno adalah perlombaan yang terdiri dari satu panjang panggung di Olympia, di mana kata "stadion" berasal.

Di zaman modern, sebuah stadion secara resmi merupakan stadion ketika setidaknya 50% dari kapasitas sebenarnya adalah bangunan aktual, seperti tempat berdiri atau kursi beton. Jika sebagian besar kapasitasnya dibentuk oleh lapangan rumput, tempat olah raga tersebut tidak secara resmi dianggap sebagai stadion.

Sebagian besar stadion dengan kapasitas minimal 10.000 digunakan untuk sepak bola asosiasi, atau sepak bola, olahraga paling populer di dunia. Sejumlah besar tempat olahraga besar juga digunakan untuk konser.

Stadion olahraga yang populer lainnya termasuk sepak bola lapangan hijau, bola basket, bola basket, bola basket, kriket, rugby union, liga rugby, soccer, sepak bola gaelik, rugby sevens, lapangan lacrosse, arena sepak bola, lacrosse kotak, futsal, minifootball, bandy, atletik, bola voli , Handball, hurling, senam, jumping ski, motor sport (formula 1, NASCAR, IndyCar, balap jalan motor, speedway sepeda motor, Rakasa Jam), gulat, tinju, seni bela diri campuran, sumo, bola netball, tenis, tenis meja, bulutangkis, bersepeda , Seluncur es, golf, berenang, hoki lapangan, Kabaddi, adu banteng, lacrosse kotak, sepak bola peraturan internasional, pertemanan, polo air, balap kuda dan angkat besi.

Basket adalah olahraga arena paling populer (atau indoor stadium) di dunia. Sirkuit balap besar dan trek balap kuda besar bukan stadion, tapi tempat olahraga, karena seluruh permukaan permainan tidak dapat dilihat dari tribun. Untuk bedanya, bandingkan Daftar stadion berdasarkan kapasitas dengan daftar tempat olah raga berdasarkan kapasitas.

Etimologi

Stadion, Olympia, Stadion Tertua, Stadion Yunani, sejarah olimpiade modern,sejarah olimpiade olahraga dunia,perbedaan olimpiade kuno dan modern,tujuan penyelenggaraan olimpiade pada zaman yunani kuno,olimpiade adalah,sejarah singkat olimpiade,pengertian olimpiade,olimpiade 2016
Gerbang Stadion Olympia, Peloponnese Barat, Yunani | Stadion Tertua di Bumi

Etimologi (Bahasa "Stadion") diambil dari bentuk bahasa Latin dari kata Yunani (στάδιον) atau dalam bahasa inggris "Stadium", yang mana ukuran panjangnya Stadion itu setara dengan 600 kaki manusia.

Karena kaki memiliki panjang variabel, panjang pasti sebuah stadion bergantung pada panjang yang tepat yang diadopsi untuk 1 kaki pada tempat dan waktu tertentu. Meskipun dalam istilah modern 1 stadion = 600 kaki (180 m), dalam konteks sejarah tertentu, hal itu sebenarnya dapat menandakan panjang sampai 15% lebih besar atau lebih kecil.

Ukuran Romawi yang setara, stadion, memiliki panjang yang sama - sekitar 185 m (607 kaki) - namun bukannya didefinisikan pada kaki didefinisikan dengan menggunakan passus standar Romawi menjadi jarak dari 125 passu (dua langkah).

Penggunaan ukuran stadion di Inggris berasal dari infrastruktur berjenjang yang mengelilingi jalur Romawi dengan panjang seperti itu.

Kebanyakan kamus kamus menyediakan pakem ukuran stadion dan stadion sebagai pluralisme bahasa Inggris yang sah, walaupun puritan etimologis terkadang menerapkannya hanya dengan ukuran panjang lebih dari 1 stadion.

Sejarah Stadion

Stadion, Olympia, Stadion Tertua, Stadion Yunani, sejarah olimpiade modern,sejarah olimpiade olahraga dunia,perbedaan olimpiade kuno dan modern,tujuan penyelenggaraan olimpiade pada zaman yunani kuno,olimpiade adalah,sejarah singkat olimpiade,pengertian olimpiade,olimpiade 2016
Lapangan Stadion Olympia, Peloponnese Barat, Yunani | Stadion Tertua di Bumi
Stadion tertua yang dikenal adalah yang ada di Olympia, di Peloponnese barat, Yunani, di mana Olimpiade kuno diadakan dari tahun 776 SM. Awalnya 'the Games' terdiri dari satu event, sebuah sprint sepanjang stadion. Stadion, ukuran panjang, mungkin terkait dengan "Stadion", namun lintasan di Stadion di Olympia lebih panjang dari stadion konvensional.

Stadion Yunani dan Romawi telah ditemukan di banyak kota kuno, mungkin yang paling terkenal adalah Stadion Domitianus, di Roma.

Stadion Panathenaic yang digali dan diperbaharui merupakan tuan rumah versi awal Olimpiade pada tahun 1870, 1875, 1896 dan 1906. Penggalian dan perbaikan stadion merupakan bagian dari warisan dermawan nasional Evangelos Zappas, dan Stadion kuno pertama yang bisa digunakan di zaman modern.

Stadion Kuno

download video balap kuda, kuda pacuan tercepat di dunia, video, pacuan kuda internasional, download balap kuda, balap kuda lucu, game balap kuda, pacuan kuda singapura, kuda balap prabowo, sejarah olahraga berkuda, penunggang kuda pacuan disebut, penunggang kuda disebut, makalah olahraga berkuda, cabang olahraga berkuda, pengertian olahraga berkuda, game pacuan kuda, video pacuan kuda internasional
Ilustrasi Chariot race di Colosseum, Roma
Stadion di Yunani kuno dan Roma dibangun untuk tujuan yang berbeda, dan pada awalnya hanya bangunan yang dibangun oleh orang Yunani yang disebut "stadium"

Romawi membangun struktur yang disebut "Circus". Stadion Yunani ada untuk balapan kaki, sedangkan sirkus Romawi diperebutkan untuk balapan kuda. Keduanya, memiliki bentuk dan area mirip mangkuk di sekitar mereka untuk penonton. Orang-orang Yunani juga mengembangkan teater, dengan pengaturan tempat duduknya yang menyerupai stadion modern.

Orang-orang Romawi menyalin teater, lalu memperluasnya untuk mengakomodasi kerumunan yang lebih besar dan pengaturan yang lebih rumit. Bangsa Romawi juga mengembangkan teater bulat berukuran ganda yang disebut amfiteater, tempat duduk di puluhan ribu untuk pertarungan gladiator dan pertunjukan binatang.

Stadion kuno, Teater Yunani, Sirkus Romawi dan Amfiteater semuanya adalah leluhur dari stadion modern.

Awal Mula Berdirinya Stadion Modern

stadion chelsea yang baru, stamford bridge stadium, stamford bridge baru,stamford bridge renovasi, stamford bridge direnovasi, new stamford bridge, stamford bridge kini jadi lautan pasir, kapasitas stadion stamford bridge, stamford bridge dulu
Stadion Chelsea Stamford Bridge pada tahun 1909.

Stadion pertama yang akan dibangun di era modern adalah fasilitas dasar, dirancang untuk tujuan tunggal agar memenuhi sebanyak mungkin penonton. Dengan pertumbuhan yang luar biasa dalam popularitas olahraga terorganisir di era Victoria akhir, terutama sepak bola di Inggris dan Amerika Serikat, struktur pertama dibuat.


Salah satu stadion awal tersebut adalah Lansdowne Road Stadium, gagasan Henry Dunlop, yang menyelenggarakan Kejuaraan Atletik All Ireland yang pertama. Dilarang mencari lokasi olahraga di Trinity College, Dunlop membangun stadion pada tahun 1872. Dia berkata :

Saya meletakkan sebuah jalan setapak yang berjalan sejauh seperempat mil, meletakkan tanah Lansdowne Tennis Club bersama teodolite saya sendiri, memulai sebuah klub pemanah Lansdowne, sebuah Klub kriket Lansdowne, dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Klub Sepak Bola Lansdowne Rugby - berwarna merah, hitam dan kuning.

Sekitar 300 gerobak tanah dari parit di bawah kereta api digunakan untuk mengangkat tanah, memungkinkan Dunlop memanfaatkan keahlian tekniknya untuk menciptakan nada iri di sekitar Irlandia.

Stadion awal lainnya dari periode ini di Inggris termasuk stadion Stamford Bridge (dibuka pada tahun 1877 untuk London Athletic Club) dan stadion Anfield (1884 sebagai tempat untuk Everton F.C.).

Di AS, banyak tim bisbol profesional membangun stadion besar terutama dari kayu, dengan tempat pertama seperti South End Grounds di Boston, dibuka pada tahun 1871 untuk tim yang kemudian dikenal sebagai Boston Beaneaters (sekarang Atlanta Braves). Namun, banyak dari taman ini terbakar, dan bahkan yang tidak terbakar terbukti tidak memadai untuk permainan yang sedang berkembang. Semua taman kayu abad ke-19 diganti, beberapa setelah hanya beberapa tahun, dan tidak ada yang bertahan sampai hari ini.

Goodison Park adalah stadion sepak bola tujuan pertama di dunia. Perusahaan bangunan berbasis Walton Kelly brothers diinstruksikan untuk mendirikan dua tribun yang tidak dapat ditutup yang masing-masing dapat mengakomodasi 4.000 penonton. Tempat tertutup ketiga yang menampung 3.000 penonton juga diminta.

Pejabat Everton terkesan dengan pengerjaan pembangun tersebut dan menyetujui dua kontrak lebih lanjut: hoardings eksterior dibangun dengan biaya £ 150 dan 12 pintu putar dipasang dengan biaya masing-masing £ 7.

Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 24 Agustus 1892 oleh Lord Kinnaird dan Frederick Wall dari Asosiasi Sepak Bola. Tidak ada sepak bola yang dimainkan; Sebagai gantinya, 12.000 penonton menyaksikan acara atletik singkat diikuti oleh musik dan kembang api.
Setelah selesai stadion adalah stadion sepak bola gabungan tujuan bersama pertama di dunia.

Stadion White City
Stadion White City selama Olimpiade Musim Panas 1908.
Arsitek Archibald Leitch membawa pengalamannya dengan pembangunan bangunan industri agar bisa merancang stadion fungsional di Negaranya. Karyanya mencakup 40 tahun pertama abad ke-20. Salah satu desain yang paling menonjol adalah Old Trafford di Manchester. Tanah awalnya dirancang dengan kapasitas 100.000 penonton dan menampilkan tempat duduk di baki selatan di bawah penutup, sementara tiga stan sisanya ditinggalkan sebagai teras dan terbongkar. Itu adalah stadion pertama yang memiliki tempat duduk kontinu sepanjang kontur stadion.

Tempat awal ini, yang awalnya dirancang untuk menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola, diadopsi untuk digunakan oleh Olimpiade, yang pertama diadakan pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Stadion White City, yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1908 di London sering disebut sebagai stadion seater modern pertama, setidaknya di Inggris. Dirancang oleh insinyur J.J. Webster dan selesai dalam 10 bulan oleh George Wimpey, di lokasi Pameran Franco-Inggris, stadion ini dengan kapasitas tempat duduk 68.000 dibuka oleh King Edward VII pada tanggal 27 April 1908.

Setelah selesai, stadion memiliki jalur lari seluas 24 kaki (7,3 m) dan tiga lap ke mil (536 m); Di luar sana ada jalur siklus setinggi 35 kaki (11 m), 660 yard (600 m). Infield termasuk kolam renang dan selam. London Highbury Stadium, yang dibangun pada tahun 1913, merupakan stadion pertama di Inggris yang menampilkan susunan tempat duduk dua tingkat saat didesain ulang dengan gaya Art Deco pada tahun 1936.

Selama dekade ini, perkembangan stadion paralel sedang berlangsung di A.S. Baker Bowl, sebuah taman bisbol di Philadelphia yang dibuka dalam bentuk aslinya pada tahun 1887 namun dibangun kembali pada tahun 1895, memecahkan landasan baru dalam pembangunan stadion dengan dua cara utama.

Penjelmaan kedua stadion ini menampilkan dek kedua kantilever pertama di dunia di tempat olahraga, dan juga merupakan taman bisbol pertama yang menggunakan baja dan bata untuk sebagian besar bangunannya. Tempat lain yang berpengaruh adalah Boston's Harvard Stadium, yang dibangun pada tahun 1903 oleh Universitas Harvard untuk tim sepak bola Amerika dan tim lapangan dan lapangannya. Itu adalah stadion pertama di dunia yang menggunakan konstruksi beton dan baja.

Pada tahun 1909, konstruksi beton dan baja sampai pada bisbol dengan dibukanya tempat di masing-masing dua kota terbesar di Pennsylvania - Shibe Park di Philadelphia dan, beberapa bulan kemudian, Forbes Field di Pittsburgh. Yang terakhir adalah tempat olahraga tiga tingkat pertama di dunia.

Pembukaan taman ini menandai dimulainya era "kotak perhiasan" dari konstruksi taman. Kerumunan stadion terbesar yang pernah ada adalah 199.854 orang menyaksikan pertandingan terakhir Piala Dunia 1950 di Maracanã Rio de Janiero pada tanggal 16 Juli 1950.

Stadion Modern

Veltins Arena di Gelsenkirchen, Jerman adalah contoh stadion dengan atap yang dapat dibuka dan lapangan yang dapat dibuka. lihatlah kecanggihannya : 


Stadion bertingkat dibedakan dari stadion konvensional dengan atapnya yang tertutup. Banyak dari ini sebenarnya bukan kubah dalam pengertian arsitektur murni, beberapa di antaranya lebih baik digambarkan sebagai kubah, beberapa memiliki atap yang didukung truss dan yang lainnya memiliki desain eksotis seperti struktur tensegrity. 

Tapi, dalam konteks stadion olahraga, istilah "kubah" telah menjadi standar untuk semua stadion tertutup, terutama karena stadion tertutup pertama, Houston Astrodome, dibangun dengan atap berbentuk kubah yang sebenarnya. Beberapa stadion memiliki atap parsial, dan beberapa bahkan telah dirancang untuk memiliki lahan yang dapat dipindah-pindahkan sebagai bagian dari infrastruktur. 

Stadion Superdome Merrcedez Benz
Kubah stadion Superdome Mercedes-Benz di New Orleans
Superdome Mercedes-Benz di New Orleans adalah struktur kubah sejati yang terbuat dari bingkai multi-ring lamelar dan memiliki diameter 680 kaki (210 m). Ini adalah struktur kubah tetap terbesar di dunia.

Meski tertutup, stadion kubah disebut stadion karena harganya cukup besar dan dirancang untuk, apa yang umumnya dianggap olah raga outdoor seperti atletik, sepak bola Amerika, sepak bola asosiasi, rugby, dan bisbol. Yang dirancang untuk apa yang biasanya olahraga dalam ruangan seperti bola basket, hoki es dan bola voli umumnya disebut arena. Pengecualian termasuk arena basket di Duke University, yang disebut Stadion Cameron Indoor, Red Bull Arena, yang merupakan rumah bagi New York Red Bulls of MLS, dan Stadion Chicago yang sekarang hancur, bekas rumah Chicago Blackhawks dari NHL dan Chicago Bulls dari NBA.

Masalah Desain Stadion

Stadion Nasional Beijing
Desain Sarang Burung Stadion Nasional Beijing, Tiongkok.

Olahraga yang berbeda membutuhkan bidang dengan ukuran dan bentuk yang berbeda. Beberapa stadion dirancang terutama untuk satu olahraga sementara yang lain dapat mengakomodasi berbagai acara, terutama yang memiliki tempat duduk yang dapat dibuka. Stadion yang dibangun khusus untuk sepak bola asosiasi cukup umum di Eropa.

Namun, stadion Gaelik (seperti Croke Park yang tidak lengkap) akan paling sering terjadi di Irlandia, sementara yang dibuat khusus untuk bola basket atau bola basket umum terjadi di Amerika Serikat. Desain penggunaan yang paling umum digunakan menggabungkan lapangan sepak bola dengan lintasan lari, kombinasi yang umumnya bekerja dengan cukup baik, walaupun kompromi tertentu harus dilakukan. 

Kelemahan utama adalah bahwa tribun harus mengatur jarak yang jauh dari lapangan, terutama di ujung lapangan. Dalam kasus beberapa stadion yang lebih kecil, tidak ada yang berdiri di ujungnya. Ketika ada berdiri di sekitar, stadion mengambil bentuk oval. 

Saat salah satu ujungnya terbuka, stadion ini memiliki bentuk tapal kuda. Ketiga konfigurasi (terbuka, oval dan tapal kuda) biasa terjadi, terutama dalam kasus stadion sepak bola perguruan tinggi Amerika. Stadion rectangular lebih sering terjadi di Eropa, terutama untuk sepak bola dimana banyak stadion memiliki empat stand yang berbeda dan berbeda di empat sisi stadion. Ini seringkali memiliki berbagai ukuran dan desain dan telah dipasang pada periode yang berbeda dalam sejarah stadion. 

Karakter yang sangat berbeda dari stadion sepak bola Eropa telah menyebabkan hobi tumbuh di tanah dimana penonton melakukan perjalanan untuk mengunjungi stadion untuk dirinya sendiri dan bukan untuk acara yang diadakan di sana. 

Dalam beberapa tahun terakhir, tren membangun stadion oval yang sama sekali baru di Eropa telah menyebabkan kaum tradisionalis mengkritik rancangannya sebagai hambar dan tidak memiliki karakter stadion tua yang mereka ganti.

Di Amerika Utara, di mana bisbol dan sepak bola Amerika adalah dua olahraga penonton outdoor yang paling populer, sejumlah stadion multi-stadion sepak bola / baseball dibangun, terutama selama tahun 1960an, dan beberapa di antaranya berhasil.

Namun, karena persyaratan untuk bola basket dan sepak bola berbeda secara signifikan, trennya mengarah ke pembangunan stadion tujuan tunggal, dimulai dengan Kansas City pada tahun 1972-1973 dan melaju pada 1990-an. 

Dalam beberapa kasus, sebuah stadion sepak bola Amerika telah dibangun berdekatan dengan taman bisbol, untuk memungkinkan berbagi tempat parkir bersama dan fasilitas lainnya. Dengan bangkitnya MLS, pembangunan stadion sepak bola khusus juga meningkat sejak akhir 1990an agar lebih sesuai dengan kebutuhan olahraga tersebut. 

Dalam banyak kasus, stadion bisbol sebelumnya dibangun agar sesuai dengan area lahan atau blok kota tertentu. Hal ini mengakibatkan dimensi asimetris untuk banyak lapangan bisbol. Yankee Stadium, misalnya, dibangun di sebuah blok kota segitiga di The Bronx, New York City. Hal ini menghasilkan dimensi lapangan kiri yang besar namun dimensi lapangan kanan yang kecil.

Sebelum stadion sepak bola modern dibangun di Amerika Serikat, banyak taman bisbol, termasuk Fenway Park, Polo Grounds, Wrigley Field, Taman Comiskey, Stadion Tiger, Stadion Griffith, Stadion Milwaukee County, Taman Shibe, Lapangan Forbes, Stadion Yankee, dan Sportsman's Park digunakan oleh National Football League atau American Football League. (Hingga batas tertentu, ini berlanjut di liga sepak bola yang lebih rendah juga, dengan TD Ameritrade Park digunakan sebagai stadion rumah dari Nighthawks Omaha League Football League.) 

Seiring dengan stadion penggunaan tunggal hari ini adalah tren untuk ballparks gaya retro yang lebih dekat ke pusat kota. Daerah. Oriole Park di Camden Yards adalah stadion baseball pertama untuk Major League Baseball yang akan dibangun, dengan menggunakan gaya abad ke-20 dengan fasilitas abad ke-21.

Ada stadion bertenaga surya di Taiwan yang menghasilkan energi sebanyak yang dibutuhkannya.
Perancang stadion sering belajar akustik untuk meningkatkan kebisingan yang disebabkan oleh suara fans, yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang semarak.

Tempat Duduk Stadion  

Stadion Camp Nou, Tempat duduk Stadion Camp Nou, nama tempat duduk penonton di stadion\, tempat duduk di stadion tts, pengertian stadion, stadion arcamanik terbaru, tempat barang di kapal laut, kapasitas stadion arcamanik, stadion benteng sukaasih kota tangerang banten,tempat duduk distadion
Stadion Camp Nou Spanyol | Stadion Terbesar di Eropa
Camp Nou di Barcelona, ​​Spanyol adalah stadion terbesar di Eropa.
Stadion "all-seater" memiliki kursi untuk semua penonton. Stadion lain dirancang sedemikian rupa sehingga semua atau beberapa penonton berdiri untuk melihat acara tersebut. Istilah "all-seater" tidak umum di A.S., karena sedikit sekali stadion Amerika yang memiliki bagian berdiri cukup besar. 

Desain stadion yang buruk telah berkontribusi pada bencana, seperti bencana Hillsborough dan bencana Stadion Heysel. Karena ini, semua pertandingan kualifikasi FA Premier League, UEFA dan FIFA World mengharuskan semua penonton untuk duduk (meski tidak harus berada di stadion all-seater, jika teras ditinggalkan kosong).

Area penonton di stadion dapat disebut sebagai bangku penonton, terutama di A.S., atau teras, terutama di Inggris, tetapi juga di beberapa taman bisbol Amerika, sebagai alternatif dari istilah tier. Awalnya berangkat hanya untuk ruang berdiri, mereka sekarang biasanya dilengkapi dengan tempat duduk. Either way, istilahnya berasal dari baris seperti langkah yang menyerupai teras pertanian. Terkait, tapi tidak persis sama, adalah penggunaan kata teras untuk menggambarkan bagian miring dari outfield di taman bisbol, mungkin, tapi tidak harus untuk tempat duduk, tapi untuk keperluan praktis atau dekoratif. Yang paling terkenal adalah di Crosley Field di Cincinnati, Ohio.

Banyak stadion membuat suite atau kotak mewah yang tersedia bagi para pengunjung dengan harga tinggi. Suite ini dapat menampung kurang dari 10 penonton atau lebih dari 30 tergantung pada tempat. Suite mewah di acara seperti Super Bowl bisa menghabiskan biaya ratusan ribu rupiah.

Isu Politik dan Ekonomi

Stadion Empire Field
Empire Field adalah sebuah stadion yang dibuat dengan struktur sementara yang dibangun pada tahun 2010 dan dibongkar pada tahun 2011.

Stadion modern, terutama yang terbesar di antara mereka, adalah megaproyek yang hanya bisa diberikan oleh perusahaan terbesar, individu terkaya, atau pemerintah. Penggemar olahraga memiliki keterikatan emosional yang mendalam dengan tim mereka. 

Di Amerika Utara, dengan sistem "waralaba" liga tertutup, hanya ada sedikit tim daripada kota yang menginginkannya. Hal ini menciptakan daya tawar yang luar biasa bagi pemilik tim, di mana pemilik dapat mengancam untuk memindahkan tim ke kota lain kecuali pemerintah mensubsidi pembangunan fasilitas baru.

Di Eropa dan Amerika Latin, di mana ada beberapa asosiasi klub sepak bola di kota mana pun, dan beberapa liga di setiap negara, tidak ada kekuatan monopoli semacam itu, dan stadion dibangun terutama dengan uang pribadi. 


Di luar olahraga profesional, pemerintah juga dilibatkan dalam persaingan ketat untuk menjadi tuan rumah acara olahraga utama, terutama Olimpiade Musim Panas dan Piala Dunia FIFA (sepak bola sepak bola), di mana kota-kota sering berjanji untuk membangun stadion baru agar dapat memuaskan Komite Olimpiade Internasional (IOC) atau FIFA.

Penamaan Stadion dengan Nama Perusahaan 

Stadion PGE Arena
PGE Arena di Gdańsk, Polandia adalah contoh penamaan perusahaan.
Dalam beberapa dekade terakhir, untuk membantu menanggung beban biaya besar untuk membangun dan memelihara stadion, banyak tim olahraga Amerika dan Eropa telah menjual hak atas nama fasilitas tersebut. 

Tren ini, yang dimulai pada tahun 1970an, namun dipercepat pada tahun 1990an, telah menyebabkan nama sponsor dimasukkan ke stadion dan stadion baru. Dalam beberapa kasus, nama perusahaan menggantikan (dengan tingkat keberhasilan yang beragam) nama tempat tempat tersebut telah dikenal selama bertahun-tahun. 

Tapi banyak stadion yang baru dibangun, seperti Volkswagen Arena di Wolfsburg, Jerman, tidak pernah dikenal dengan nama non-korporat. Fenomena sponsor sejak saat ini tersebar di seluruh dunia. Masih ada beberapa stadion milik pemerintah setempat, yang sering dikenal dengan nama yang penting bagi daerah mereka (misalnya, Hubert H. Humphrey Metrodome di Minneapolis). 

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa stadion milik pemerintah juga tunduk pada kesepakatan hak penamaan, dengan sebagian atau seluruh pendapatan sering masuk ke tim yang bermain di sana.

Salah satu konsekuensi penamaan perusahaan adalah peningkatan perubahan nama stadion, ketika perusahaan senama mengubah namanya, atau jika ini adalah kesepakatan penamaan yang akan berakhir. 

Lapangan Chase Phoenix, misalnya, sebelumnya dikenal sebagai Bank One Ballpark, namun dinamai ulang untuk mencerminkan pengambilalihan perusahaan yang terakhir. Taman Candlestick yang bersejarah di San Francisco dinamai sebagai Taman 3Com selama beberapa tahun, namun namanya dibatalkan saat perjanjian sponsor berakhir, dan dua tahun lagi sebelum nama baru Monster Park Monster Cable diterapkan. 

Oposisi lokal terhadap penamaan perusahaan di stadion tertentu membuat dewan kota San Francisco untuk secara permanen mengembalikan nama Candlestick Park begitu kontrak Monster berakhir. Baru-baru ini, di Irlandia, telah terjadi penolakan besar terhadap penggantian nama Lansdowne Road yang bersejarah di Dublin sebagai Stadion Aviva. 
Lansdowne dikembangkan kembali sebagai Aviva, dibuka pada bulan Mei 2010.

Di sisi lain, Forum Great Western Los Angeles, salah satu contoh penggantian nama perusahaan paling awal, mempertahankan namanya selama bertahun-tahun, bahkan setelah bank senama tidak ada lagi, nama perusahaan dijatuhkan hanya setelah bangunan tersebut kemudian mengubah kepemilikannya. 

Praktik ini biasanya kurang umum di negara-negara di luar Amerika Serikat. Sebuah pengecualian adalah liga Baseball Nippon Professional Jepang, di mana banyak tim diberi nama sesuai dengan perusahaan induk mereka. Juga, banyak stadion sepak bola Eropa baru, seperti Stadion Reebok dan Emirates di Inggris dan Signal Iduna Park dan Allianz Arena di Jerman telah dinominasikan secara korporat.

Kecenderungan baru dalam penamaan perusahaan (atau penggantian nama) ini dapat dibedakan dari beberapa nama tempat yang lebih tua, seperti Crosley Field, Wrigley Field, dan Stadion Busch pertama dan kedua, karena taman itu dinamai oleh dan untuk pemilik klub, yang juga Kebetulan nama perusahaan yang dimiliki oleh pemilik klub tersebut. 
(Stadion Busch saat ini menerima namanya melalui perjanjian hak penamaan modern.) SkyDome di Toronto, Kanada dinamai Rogers Center pada tahun 2005, menghapus referensi bahwa itu adalah stadion kubah.

Selama Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman, beberapa stadion untuk sementara diganti karena FIFA melarang sponsor stadion. Misalnya, Allianz Arena di Munich disebut Stadion Piala Dunia FIFA, Munich saat turnamen berlangsung. 

Begitupun, stadion yang sama akan dikenal sebagai "Arena München" selama Kompetisi Eropa. Aturan serupa mempengaruhi Imtech Arena dan Veltins-Arena. Aturan ini berlaku bahkan jika sponsor stadion adalah sponsor resmi FIFA - stadion Johannesburg yang kemudian dikenal sebagai "Coca-Cola Park", dengan nama salah satu sponsor utama FIFA, dikenal dengan nama bersejarah Stadion Ellis Park selama Piala Dunia FIFA 2010 Nama perusahaan juga diganti sementara selama Olimpiade.

Stadion Sebagai Tempat Konser Musik

Konser Musik Rock di Stadion
Ratu saat konser live di Norwegia pada tahun 1982
Konser Band Rock "Queen" di Drammen, Norwegia pada bulan April 1982, menunjukkan skala dan pencahayaan sebuah Arena konser rock.

Meskipun konser seperti musik klasik telah dipresentasikan di sana selama beberapa dekade, dari tahun 1960an stadion mulai digunakan sebagai tempat live untuk musik populer, sehingga menimbulkan istilah "arena rock" atau "stadion rock", terutama untuk bentuk hard rock. 

Dan batu progresif. Asal-usul stadion rock kadang-kadang tertanggal ketika The Beatles bermain di Shea Stadium di New York pada tahun 1965. Yang juga penting adalah penggunaan stadion besar untuk tur Amerika oleh band-band di tahun 1960an, seperti The Rolling Stones, Grand Funk Railroad and Led Zeppelin. 

Kecenderungan yang dikembangkan pada pertengahan 1970-an karena peningkatan kekuatan amplifikasi dan sistem suara memungkinkan penggunaan tempat yang lebih besar dan lebih besar. Asap, kembang api dan pencahayaan yang canggih menunjukkan menjadi pokok pertunjukan rock arena. 

Key bertindak dari era ini termasuk Journey, REO Speedwagon, Boston, Foreigner, Styx, Kiss, Peter Frampton dan Queen. 

Pada tahun 1980an arena rock menjadi didominasi oleh band glam metal, mengikuti jejak Aerosmith dan termasuk Mötley Crüe, Quiet Riot, W.A.S.P. Dan Ratt. Sejak tahun 1980an, bintang rock, pop dan folk, termasuk Grateful Dead, Madonna, Britney Spears, Beyoncé, Lepa Brena, Taylor Swift dan Lady Gaga, telah melakukan tur konser berbasis skala besar.

Quotes

Setelah mendaki sebuah bukit yang tinggi, maka kau hanya akan menemukan bukit yang tinggi lainnya untuk kau daki - Nelson Mandela


Demikian Informasi Pengertian, Sejarah, Awal Mula Stadion, Simak artikel lainnya di infostadion.blogspot.com Semoga Bermanfaat, Jangan lupa sebarkan ya. Trimakasih !

0 Response to "Pengertian dan Sejarah Berdirinya Stadion"

Posting Komentar